Selamat Datang Semoga Bermanfaat, Pengelola Web Akan Sangat Senang Bila Anda Berkenan Meninggalkan Jejak Berupa Koment Atas Postingan Kami

Sabtu, 25 Juni 2011

TAHU TELORKU, KURANG-LEBIH


Hmmm…

Ada yang tahu apa itu “tahu telor”??

Dari namanya aja sudah bisa ketebak kalo itu adalah sejenis makanan yang berbahan dasar tahu dan telor bukan??

Atau ada yang bisa berikan resep yang lebih lengkap??

Sebenernya ga ada yang special dari judul tersebut, namun Saya Cuma ingin berbagi cerita karena sudah beberapa kali bikin tahu telor pasti ada yang kurang dan yang lebih... Intinya, Ngga seperti yang biasa dibikin kakak-kakak Saya… Iya, untuk sementara memang Saya hanya bisa membandingkan kualitas hasil masakan Saya dengan kualitas hasil masakan para bidadari catik yang ada di rumah… Karena meskipun ngga secara sengaja diajarin, secara Ngga langsung saat Saya bantu-bantu ataupun mengganggu beliau ketika beraktifitas di dapur Sayapun tahu cara beliau memasak sesuatu… Sayur bening, sayur asam, sayur bayam, sayur daun kelor yang ga ada di Banjarmasin, ataupun masakan yang sering Saya bikin karena cukup simple cara bikinnya adalah tumis-tumisan; tumis kangngkung, kacang panjang, ataupun tauge aja ditumis dengan banyak potongan cabe,,, hmmmm… super duper pueddeeesss…

Eits eits… Yang baca jangan pada ngiler dulu yaaa…. Heeee…. Soalnya itu belum seberapa, soalnya belum ditambah sambel terasi udang yang harum nan menggoda lidah yang biasa saya beli di warung acil (Baca: bibi) depan rumah saya tinggal sekarang…

Tapi satu hal yang belum pernah saya coba, hingga saat ini saya belum pernah mencoba masak masakan Ibu yakni “sambel pecel” dan “sambel tumpang” yang tak terkalahkan, kemudian “sayur lodeh” yang dahsyat bikinan nenek, kemudian masak “ikan busuk” bikinan umi yang sebenernya Saya juga bisa masaknya sih, tapi males, kayanya cara bikinnya hampir sama kaya bikin oseng ikan asin tapi saya ga bisa busukinnya, sebenernya “ikan busuk” itu adalah penamaan dari Saya karena memang ikannya sengaja dibusikin dulu dan nama asli masakan ini adalah “Iwak besamu” (masakan khas banjar)…

“Sayur lodeh”, meskipun nenek udah meninggal, tapi Ibu bisa bikin masakan serupa yang ngga kalah enaknya…

Kemudian “Sambel tumpang”???,,, masakannya cukup sederhana, ini adalah salah satu menu kesukaan Saya, menu ini adalah salah satu menu khas daerah asal ibu saya yaitu Kediri kota tahu…

Saya ngga bisa ngomong banyak tentang masakan ini, yang Saya tahu masakan ini berbahan dasar tempe yang sengaja dibusukkan, kemudian pake santan, trus pake daun entah nama daun itu apa (Saya lupa) padahal dulu saya sering ambilin daun itu buat Ibu, biasanya ibu bikin agak pedas dikit, “aneh, padahal Beliau ga suka kalo anaknya yang ganteng ini makan makanan pedas karena dulu pernah kena tifus, kata dokter jangan makan pedes lagi yaaa, tapi beliau juga sering bikinin sambel (yah lumayan pedes sih, tapiii kurang dikit laaahh,,,) heee”… tapi jangan salah persepsi yaaa,,, emang nama masakan ini sambel tumpang, tapi masakan ini sebenernya adalah sayur yang cara makannya dengan menumpahkan di atas sayur yang udah kita siapkan di atas nasi… biasanya sambel tumpang enak kalo dimakan ama tahu goring, trus ditambah rempeyek,,, heeemmm,,, maknyossss…

Kalo sambel pecel, kayanya semua orang udah pada tahu ya, soalnya di mana-mana banyak banget yang jualan nasi pecel jawa… tapi tetep aja sambel pecel bikinan ibu saya emang tak terkalahkan, karena ibu bikinnya masih dengan cara tradisional sehingga meskipun Saya bawa ke Banjarmasin, asalkan tertutup rapat dan disimpan dalam kulkas masih bertahan lama meski berbulan-bulan disimpan, Anda mau, itu masih ada dalam kulkas,,, heeee… bahan utama bikin sambel pecel adalah kacang tanah dan tambahan jeruk purut yang dengannya sambel pecel bikinan ibu ga ketulungan mantabnya,,,

Stoooooooooooop…

Khan udah dibilangin kalo ga boleh ngiler dulu, kok udah ada yang ngiler, @#$%^&* itu khan ceritanya baru nyampe sambel terasi ala “Chef Zainal Juna”, sambel tumpang dan sambel pecel bikinan ibu, sayur lodeh bikinan nenek dan ikan busuk bikinan umi… belum lagi ditambah tempe goreng, tahu goreng ataupun ikan asin belah (entah nama ikan itu apa, karena sampe saat ini kalo saya beli biasa bilang ikan asin yang belah cil (Baca: acil/bibi)… yang bisanya Saya goreng dengan sedikit minyak… Hmmm,,,, nyam nyam nyam,,, kok jadi laper ya??

Tapi para pembaca belom ada yang ngiler khan?? Jangan dulu yaaa,,, soalnya ini belom masuk cerita inti,,, yaitu sesuai dengan judul di atas…

Biasanya, dengan menu-menu diatas Saya juga sering pamer ama rekan-rekan dengan ngajak mereka makan dirumah dan Saya yang masak sekalian regenerasi sambil ngajarin mereka rahasia resep-resep yang Saya miliki agar bisa dilestarikan dikemudian hari,,, “emang tumbuhan yang harus dilestarikan”…

Bahkan, juga pernah Saya masak buat seluruh kompi temen-temen FSQ sampe-sampe kamar yang “rasanya luas banget” itu ga cukup buat nampung kurang lebih 20 orang, kalo ga salah itu saat kita buka puasa sunnah, ntah sunnah apa itu ya, yang pasti bukan puasa Senin-Kamis yang sampe saat ini masih minim peminatnya?? tapi nasinya minta dimasakin “Umi”, heeee… karena emang ga cukup alat untuk masak nasi sebanyak itu,,, tapi lauknya Saya yang masak donk, menu andalan seperti tumis tauge+kacang panjang, tahu telor, tempe goreng tepung, ayam goreng sebanyak satu ekor dan ngga ketinggalan sambel terasi mematikan “ala chef Zainal Juna”, meskipun pedas, tapi tetep aja habis tak bersisa,,, iya dong bikinnya khan ga pake ulekan, tapi pake cinta,,, heeeheeee,,, lebbaaayyy…

Yah, buka puasanya rame, penuh kebersamaan dan keakraban, bahkan ada yang sampe rebutan ayam goring karena emang serba kurang, masa Cuma satu ekor,,, kalo ngomong rebutan, jadi nget masa kecil dulu dan masa kebersamaan di regu pramuka… yaahh,,, dengan diawali beberapa butir kurma, sirup orang “ABC” dan kayanya juga ada es buah bikinan umi yang acapkali sering saya ejek,,, heee,,,, maaf ya “mi” semua itu terdapat unsur kesengajaan biar es buahnya tambah enak,,,, heee… pokoknya segeeeerrr pisaaannnn…

#####################

Hhhmmmm,,, selama ini rekan-rekan yang biasa makan disini, responnya amat sangat cukup baik sekali,,, heeee sori kalo agak subjektif yaa, and sorry kalo ada yang ngga berkenan dengan klaim ini… tapi jujur responnya emang demikian, kecuali satu orang yang memang ngga pernah jujur menilai hasil yang Saya dapet,,,, Hmmm,,, siapa lagi kalo bukan adek angkatan yang satu itu “sebut saja dia RH”… dia selalu ngga pernah jujur dengan kata hatinya, apalagi tentang Saya,,, paling buanter cuma bisa bilang “yaaahhh,,,, lumayan lah”…

Huuuhhhhfff,,, dasar manusia anti Es… heee… sorry brother,,,

Yaah, semua orang juga tahu kalo adek angkatan yang satu ini terlalu gengsi untuk ngomong kalo Saya emang ganteng, pinter, baik hati, de el el,,, oh maaf keceplosan,,, maksud Saya pinter masak… heee,,, penyakit narsisnya ada gejala kambuh nih, lebih baik kita lanjutin aja yaaa…

Hmmm,,, dengan makan bersama hasil masakan sendiri, minimal Saya ngga ngerasa kesepian dan mengurangi rasa kangen sama keluarga di rumah… mengurangi rasa kangen saat bedug maghrib bulan ramadhan semua keluarga di memulai dengan ta’jil kemudian shalat, dan bersama-sama makan sekeluarga… so long time I didn’t feel that,,, maa sya’utu bi ifthoori ma’al usroti min zamaanin…
Hadddhuuuhhhh,,, ngomongin keluarga di rumah, jadi inget lebaran Idul Adha tahun lalu, di tengah kesepian mendera, Saya ditemenin Halili (ex OP) bikin “stake daging sapi saus tiram” yang uenak banget, tapi setelah saya bikin yang kedua kalinya rasanya jadi agak aneh,,, heeee,,, salah apanya yaa??? Padahal resepnya sama, tapi Cuma ada sedikit eksplorasi dengan merendam daging dengan pucuk daun papaya, yang konon bisa bikin daging empuk, tapi malah diluar gugaan, setelah daging saya bakar, eh rasa dagingnya malah agak sedikit pahit, heeeemmmm,,, mungkin kelamaan ngerendam dagingnnya kali yaa?? Memang Saya sering bereksplorasi dalam berbagai hal,,,

Iyah, itu seputar masakan-masakan saya yang sepertinya banyak yang nunggu-nunggu kapan Saya bisa bkin masakan buat mereka lagi… heee,,, super Pe De mood on…

#####################

OK, now we talk about title written above, “tahu telorku kurang-lebih”,,, mungkin ada yang kurang familiar dengan menu yang satu ini, hhhhmmm… itu bisa jadi, karena saya sendiri juga ga tahu persis darimana asal masakan yang satu ini,,, yang pasti seingat Saya tahu telor yang pertama Saya makan adalah hasil masakan kakak kedua saya “Lilik Wahyuni”… kalo emang ada yang belom tahu, mari kita simak resep “tahu telor” ala chef “Zainal Juna” (tahu chef Juna di acara Master chef RCTI, beliau keren abis deh cara masaknya)… tapi jangan heran dari mana beliau belajar sehingga bisa sehebat itu, tanya Saya aja selaku guru yang mengajarinya selama bertahun-tahun… heeee…

Tahu telorku, kurang-lebih

Sepertinya kata “kurang-lebih” juga berlaku buat masakan yang lain deh,,, kata itu sendiri berdasarkan fakta temuan di TKP,,, karena setiap kali saya masak, bisa dibilang jarang banget mendapatkan performa yang pas (mungkin karena ilmu Saya udah banyak diambil ama chef Juna kali yaa,,, okeh lah kaloh bhegituh, berarti Saya akan berhenti mengajari orang itu)…

Selalu kurang-lebih. terkadang kurang garam-terkadang juga kelebihan garam, terkadang kurang matang-terkadang juga kelebihan matang (alias gosong-gosong dikit !@#$%^_^), yah itu lah… heeee…
Bagi rekan-rekan yang mau coba makanan bergizi yang satu ini sebenernya cukup simple kok (catatan: resep ini sudah banyak dilakukan penyempurnaan dan percobaan-percobaan, jadi insya Allah tidak akan membahayakan kesehatan Anda);

Cukup siapkan bahan dasar berupa: 1 butir telur dan 2 potong tahu. Dan bumbu berupa: 1 atau 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, garam secukupnya, irisan Lombok (terserah mau pake Lombok apa), bisa juga ditambah, atau juga bisa ditambahkan irisan daun bawang, kemudian minyak goreng, dan perlengkapan lainnya…

Untuk memasaknya demikian saudaraku,,, setelah semua bahan di atas sudah lengkap, silahkan cucilah tahu yang sudah Anda siapkan, kemudian potong bentuk dadu kecil, iris semua bumbu (bawang merah dan putih atau daun bawang, Lombok), kemudian kocoklah telur pada adonan, masukkan garam secukupnya, masukkan semua bumbu diatas, tambahkan juga bubuk mesiu, eh bukan, maksudnya bubuk merica secukupnya agar ada aroma gimanaaa gitu (saya menambahkan bubuk merica juga ga ada alasan jelas, jadi boleh diikuti atau ngga…) setelah semua tecampur silahkan masukkan irisan tahu dalam adonan kemudian aduk pelan agar tahu benar-benar tercampur dan jangan sampai tahu itu hancur (bila tahunya hancur berarti anda sudah melakukan pengembangan dari resep ini, karena sepertinya akan tampak berbeda namun rasanya kurang lebih sama, oleh karena itu sekalian aja tahunya dihancurin seperti ditumbuk gitu)…

Nah sambil mencampur potongan tahu dan adonan telur, silahkan panaskan sedikit minyak goreng dan ratakan pada wajan (kira-kira 1 setengah sendok makan), karena memang saya ngga suka masakan yang terlalu berminyak dan emang itu juga ga baik bagi kesehatan, mengkanya Saya anjurkan pake minyaknya dikit aja, selain untuk kesehatan ternyata minyak goreng juga mahal bro…

Setelah minyak mulai panas, silahkan masukin adonan tahu telor tersebut dan ratakan, usahakan jangan sampai tebal di salah satu sisi, karena akan berpengaruh pada cita rasa dan tingkat kematangan… heeee,,, bahasanya udah kaya chef Juna… oh iya, untuk cara menggorengnya Anda juga bisa menggoreng kecil-kecil sesuai selera... ^_^

Kemudian silahkan digoreng seperti kita menggoreng telor dadar menu andalan teman-teman,,, setelah itu teereeeeeennngggg... jaaadi deh,,,

Silahkan disajikan bersama, apa aja sesuai selera rekan-rekan… tapi biasanya Saya sajikan dengan sambel kecap… karena itu adalah the most simple way untuk sajikan makanan ini... tapi bisa aja ditambahkan acar sesuai selera,,, pokoknya terserah deh...

Selamat berkreasi,,, bagi yang udah baca,,, jangan lupa ucakan terimakasih yaaa... heeee...

Bila ada resep yang lebih bagus silahkan dibagi, agar bisa Saya coba…

Sekedar info, insya Allah nanti bila waktu memungkinkan nanti akan Saya coba bikin roti goreng madu, cara bikinnya cukup simple, resepnya baru dapet waktu acara music “Dahsyat RCTI” tadi pagi… Hmmmm,,, penasaran,,, Mau? Mau? Mau?...

Ditulis Oleh Chef Zainal AR
Juara 33 dari 150 peserta Lomba Dapur Umum (Lomba Palang Merah Remaja Se-Jawa-Bali)
Hiks hiks, menyedihkan... Saking narsisnya juara 33 pun penulis cantumkan...

1 comments:

Any body want to share his recipe?? :)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More