Selamat Datang Semoga Bermanfaat, Pengelola Web Akan Sangat Senang Bila Anda Berkenan Meninggalkan Jejak Berupa Koment Atas Postingan Kami

Kamis, 11 Agustus 2011

Pertanyaanya Adalah Permintaan



Beberapa kali Ibu telpon, dengan pertanyaan apakah Aku akan pulang atau tidak lebaran kali ini...

Ku jawab aja "Insya Allah Ma', doakan ada rezeki"

Pantas sekali bila beliau bertanya seperti itu, dan sebenarnya, dari pemilihan intonasi yang beliau pilih sebenarnya merupakan ungkapan permintaan agar Saya bisa pulang tahun ini,,, Begitu juga dengan kakak dan ayah,,, hal yang sama juga terjadi pada mereka... Namun sedikit berbeda dengan kakak dan ayah biasanya mereka menambahkan, "ya kalo ga ada uang ga usah aja"...

Dari jawaban yang Saya pilih, Saya tidak mengiyakan dan tidak juga menidakkan, karena Saya berencana ingin memberi kejutan buat keluarga di rumah,,,

Entahlah, akhri-akhir ini perasaan agak sering kacau, perihal keluarga di rumah, apalagi orang tua yang sudah bisa dibilang nggak muda lagi, ibu dengan sakitnya begitu juga dengan ayah...

Perasaan takut kehilangan dan perasaan lainya merupakan hal yang wajar terjadi, apalagi bagi Saya yang jauh dari keluarga, perihal umur memang sudah ada yang mengatur semuanya adalah hak prerogatif Allah, semuanya adalah kuasa Allah,,, Ayah dan Ibu yang sudah mencapai 57 dan 55 tahun, Ibu dengan jantungnya yang lemah, Ayah dengan kolesterol memang sudah tidak sesehat dulu, namun keadaan sangat mungkin berbalik 180 derajat,  siapa tahu Saya yang terlihat sehat wal'afiyat bisa mendahului mereka,,, Allahu a'lam,,, manusia hanya bisa melakukan yang terbaik dalam hidupnya... Allahlah Maha Tahu... Tawakkaltu 'alallah walaa haula walaa quwwa illaa billah.

Ibu, anakmu sudah berencana ingin berhari raya bersama keluarga di rumah, karena sejak anakmu merantau baru sekali berhari raya di rumah bukan? Anakmu sudah sangat merindukan keluarga di rumah... 


Kemaren Ibu telpon, lagi-lagi dengan pertanyaan yang sama, namun kali ini Beliau memberikan berta gembira bahwa adek sudah melewati masa-masa menegangkan untuk kenaikan kelasnya menuju kelas 5 aliyah, hal yang paling membanggakan adalah adek Saya bisa naik kelas dengan darojah imtiyaz,,, waaahhh, luar biasa "gumam Saya dalam hati" hhhmmm,,, seumur-umur Saya selaku kakak yang sering ngasih nasehat belum pernah mendapat nilai itu selama di pesantren kecuali di SMP yang selalu 3 besar meskipun beberapa kali pernah masuk 9 besar,,, Yaaahhh bagus lah,,, Berarti entar kalo jadi beliin baju gamis sekalian buat hadiah kenaikan kelas aja yaa,,, Amien,,, tapi bingung mau beliin yang kaya gimana, sekarang aja udah ngga tergambar lagi seperti apa adek Saya,,, ntar konsultasi ke umi aja dulu soalnya beliau yang akhir-akhir ini bertemu dengan adek Saya... 

Sangat pantas bila Saya memberikan hadiah untuk Adek Saya, karena kemaren saat ibu bercerita beliau terdengar sangat gembira, berbeda sekali dengan beberapa waktu lalu saat beliau mendengar bahwa kelulusan Saya tertunda... Kekecewaan beliau sangat terasa saat itu, belum lagi dengan kekhawatiran yang terucap dari lisan beliau perihal sesuatu dan seseorang... 

Shubhanalloh, alhamdulillah adek Saya bisa membayar semuanya, Sayapun memiliki segudang harapan teruntuk adek tercinta, yakni agar kelak bisa bersama-sama menjadi pejuang Islam dengan ilmu yang diperolehnya selama di pesantren, mengkanya dari kemaren Saya meminta agar dia bisa sering-sering nulis tulisan ilmiah,,, dan alhamdulilah sekarang adek Saya menjadi anggota salah satu kelompok kajian ilmiah di pesantren... Dia juga mulai meniggalkan kegemarannya dalam kegiatan kepramukaan, namun masih bisa aktif untuk kegiatan PMR, dengan obsesinya masuk dalam sekolah keperawatan setelah lulusnya kelak... Amien... kakakmu selalu mendoakan...


Telpon Ibu, Ayah, dan Kakak...
Hal-hal yang pasti terjadi saat beliau telpon:
  • Lagi ngapain?
  • Lagi dimana?
  • Sesekali "sudah makan?", "Kamu makan dimana?"
  • Pembicaraan sesuai tema,
Sebelum telpon berakhir biasanya:
  • Menanyakan kabar dari seseorang.
  • Menanyakan keluarganya.
  • Kakak biasanya sering ngurusin rambut, yang paling geli kalo ngeliat rambut Saya panjang "Rambut kamu sekarang pendek khan?"... heeee...
  • Berpesan agar berhati-hati saat naik motor 
Telpon sebagai pengobat rindu pada keluarga selama ini, apalagi mereka sudah merelakan bila kelak Saya memiliki keluarga baru di suatu tempat serta menetap disana yah khususnya Banjarmasin. Dan mungkin lebaran tahun depan Saya sudah berhari raya bersama keluarga baru dan Saya tidak berhari raya bersama keluarga di rumah lagi.

Namun lebaran kali ini kakak Saya yang nomor dua ngga bisa berhari raya bersama keluarga, soalnya beliau baru saja pindah ke Balik papan, insya Allah kalo ada rezeky Saya akan datang ke sana sekalian mau ketemua sama keluarga dari Ibu, Pak De, Bu De dan sodara-sodara yang lain,,, Insya Allah habis lebaran... Amien...

"insya Allah, tahun ini berlebaran di rumah bersama keluarga"
Amienn...

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More